fbpx

Search Engine Adalah: Definisi dan Fungsi

Di era digital ini, mesin pencari atau search engine adalah suatu bagian yang sudah melekat dalam aktivitas sehari-hari, baik itu dalam melakukan riset suatu hal, mencari barang di toko online atau sumber hiburan.

Seiring berkembangnya teknologi, search engine mengalami perubahan, dari mesin pencari pertama bernama Archie Query Form ke mesin pencari yang lebih populer dan dikenal oleh banyak orang seperti Google, Yahoo, Bing dan Baidu.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang apa itu search engine, simak artikel dari GetFound berikut ini!

Apa yang Dimaksud dengan Search Engine?

Search engine adalah sebuah program yang digunakan untuk mencari informasi atau konten yang Anda inginkan di world wide web (WWW). Setelah search engine mendapatkan informasi yang Anda masukan, hasil pencarian nantinya akan muncul di search engine results pages (SERP).

SERP dapat menampilkan website, gambar, video atau berita yang relevan dengan topik yang Anda cari. Perlu dicatat bahwa search engine adalah program online dan membutuhkan gawai yang terhubung ke internet.

Baca juga: Pentingnya SEO untuk Bisnis Anda

Apa Saja Fungsi dari Search Engine?

Perlu diketahui, fungsi utama search engine adalah menunjukkan atau memberikan informasi yang relevan, sesuai dengan apa yang Anda cari. Search engine akan menampilkan hasil pencarian dari konten yang telah diindeks oleh bot crawler.

Akhir-akhir ini, banyak agency digital marketing yang berpendapat bahwa search engine adalah sebuah strategi pemasaran untuk sebuah produk atau website. Maka dari itu, penting untuk memastikan konten yang terdapat di sebuah website berkualitas dan layak untuk dibaca pengunjung.

Apa Saja Jenis-jenis Search Engine?

Sudah banyak mesin pencari di world wide web yang dapat Anda pilih. Walaupun prinsip dan cara kerja tiap search engine hampir sama, algoritma yang digunakan masing-masing search engine mungkin memiliki perbedaannya masing-masing. Berikut beberapa jenis search engine yang paling populer:

1. Google

Search engine yang dibentuk oleh Larry Page dan Sergey Brin ini bisa dibilang adalah mesin pencari yang paling besar dan dikenal oleh banyak orang. Saking mendominasinya Google, besar nilai pasar yang dikuasai oleh Google search engine adalah sekitar 78%.

2. Yahoo

Mesin pencari yang satu ini mungkin lebih dikenal dengan provider email, tetapi pada tahun 2000-an Yahoo Search menjadi search engine yang populer saat itu.

3. Bing

Bisa dibilang Bing adalah kompetitor mesin pencari terbesar Google saat ini. Bagi Anda yang belum tahu, Bing search engine adalah mesin pencari yang dibuat oleh Microsoft dan merupakan versi terbaru dari Windows Live Search.

Bagaimana Cara Kerja Search Engine?

Dalam dunia digital marketing, terutama di bidang SEO (Search Engine Optimization), penting untuk memahami cara kerja mesin pencari. Dengan memahami proses kerja di balik search engine, Anda dapat merancang strategi pemasaran untuk website Anda.

Berikut adalah penjelasan singkat tentang 3 proses penting dalam search engine:

Bagaimana Proses Crawler dalam Menjelajahi Internet?

Istilah crawling dalam search engine adalah proses awal dimana mesin pencari akan menggunakan bot untuk menelusuri konten dan informasi dari setiap halaman dari website yang ada di internet.

Bagaimana Search Engine Mengindeks dan Menyimpan Informasi Halaman Web?

Indexing search engine adalah proses yang melibatkan mesin pencari untuk menentukan melalui kata kunci, konten dan faktor lainnya apakah sebuah website layak untuk masuk ke dalam database mereka.

Jika sebuah website diindeks oleh search engine seperti Google, maka website tersebut nantinya akan muncul di Search Engine Results Pages (SERP).

Baca Juga: Apa Saja Tools SEO dan Apa Saja Fungsinya?

Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Peringkat Pencarian?

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi peringkat di SERP tiap mesin pencari. Anda tidak bisa hanya asal membuat konten dan website, tetapi juga perlu memperhatikan strategi untuk menaikan peringkat di SERP, ada beberapa faktor yang perlu Anda ketahui:

1. Relevansi

Mesin pencari akan menyesuaikan kata kunci yang digunakan di query atau pencarian dengan hasil di SERP. Jika website Anda relevan dengan query, kemungkinan besar peringkat website akan tinggi.

2. Kualitas Konten

Konten yang terdapat di dalam website harus memiliki kualitas yang baik, karena mesin pencari akan menilai apakah sebuah website memiliki konten yang relevan dengan pencarian pengunjung. Mesin pencari juga dapat menentukan apakah website berisi konten-konten spam.

3. Backlink

Secara singkat, istilah  backlink dalam search engine adalah link dari website lain yang terhubung ke website Anda. Jika website Anda memiliki backlink dari website lain yang memiliki otoritas tinggi, maka kemungkinan besar dapat membantu website Anda untuk naik peringkat SERP.

Search Engine – Simpel dan Kompleks

Bagi pemula yang baru belajar tentang SEO mungkin melihat konsep mesin pencari sebagai hal yang mudah dipahami. Pada kenyataannya, search engine adalah teknologi yang memiliki banyak tahapan dan proses yang kompleks.

Jika Anda sedang mencari agency penyedia layanan Google Ads, GetFound siap membantu!

Ada banyak faktor yang mempengaruhi peringkat website Anda di mesin pencari seperti relevansi, kualitas konten, backlink dan masih banyak lagi. Anda perlu menerapkan strategi SEO untuk memastikan website Anda dapat bersaing di SERP.

Kami di GetFound dapat membantu website dan bisnis Anda naik peringkat di SERP. Selain meningkatkan peringkat SERP, GetFound dapat memperluas brand awareness bisnis Anda. Jadi tunggu apa lagi? Segera hubungi GetFound dan tumbuh kembangankan bisnis Anda bersama kami!

Kunjungi kami di Instagram, LinkedIn, dan TikTok!

Subscribe Our Newsletter.
Conquer your day with daily search marketing news.

99% POSITIVE FEEDBACK

Ready to grow your business?

We’ll give you a call back within 24 hours to learn more about your company and build you a free custom plan.