fbpx

Bagaimana Cara Kerja SEO untuk Meningkatkan Bisnis Anda?

Author

Pernahkah Anda mendengar tentang strategi SEO sebelumnya? Strategi ini memiliki dampak yang cukup besar terhadap perkembangan sebuah bisnis. Lalu, bagaimana cara kerja SEO untuk meningkatkan perkembangan bisnis Anda?

Untuk mencari tahu mengapa SEO menjadi sangat penting bagi kemajuan bisnis maupun perusahaan, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Apa Itu SEO Marketing: Strategi Pemasaran melalui SEO?

Apa itu SEO dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Search Engine Optimization adalah serangkaian strategi dan teknik yang digunakan untuk meningkatkan peringkat situs web di hasil pencarian mesin pencarian seperti Google, Yahoo, dan lain sebagainya agar terlihat oleh audiens yang tepat. 

SEO dikenal sebagai hal esensial dalam dunia digital marketing. Memahami bagaimana cara kerja SEO dapat membantu Anda meningkatkan visibilitas situs web di mesin pencari sehingga menarik lebih banyak pengunjung dan meningkatkan peluang konversi. 

Pastinya Anda tidak ingin kehilangan kesempatan emas yang satu ini, bukan? Oleh karena itu, mari kita telusuri lebih dalam tentang pengertian dan bagaimana cara kerja SEO berikut ini.

Bagi seorang pemula, memahami dasar-dasar SEO dapat menjadi langkah pertama yang penting dalam perjalanan digital marketing mereka. Mengapa SEO begitu penting dalam strategi pemasaran digital? Dan apa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari strategi satu ini? 

Langkah-langkah dalam Proses SEO

Search Engine Optimizatio

Seperti yang sudah GetFound jelaskan di atas, prinsip dasar SEO melibatkan optimasi konten dan struktur situs web agar sesuai dengan algoritma mesin pencari. 

Tidak hanya  Google, jika Anda menggunakan mesin pencari lainnya seperti Yahoo, Bing, dan lain sebagainya, mereka pasti menggunakan algoritma yang kompleks untuk menentukan peringkat situs web berdasarkan relevansi dan kualitas dari sebuah konten.

Dalam hal ini, SEO tentunya berperan penting dalam menjalankan pola strategi digital marketing yang efisien. 

SEO memiliki proses yang harus terus berjalan secara berkelanjutan dengan melibatkan beberapa langkah utama, di antaranya:

1. Meneliti Kata Kunci

Menemukan kata kunci yang relevan dan sering dicari oleh audiens target bisnis Anda adalah dasar dari strategi SEO. 

Hal ini dikarenakan keyword atau kata kunci membantu mesin pencari memahami topik situs web Anda.

2. Optimisasi Konten

Membuat dan mengoptimalkan konten yang berkualitas tinggi dengan memasukkan kata kunci relevan. 

Konten yang diunggah di web bisnis Anda harus informatif, menarik, dan bermanfaat bagi para pembaca.

3. Membangun Tautan (Link Building)

Ada lagi langkah penting yang perlu Anda lakukan dalam strategi SEO bisnis Anda yaitu membangun tautan dari situs web lain ke dalam situs Anda demi meningkatkan otoritas dan kredibilitas situs Anda di mata mesin pencari.

4. Analisis dan Pemantauan Kinerja

Penggunaan alat analitik (analytical tools) untuk memantau kinerja situs web Anda dan membuat penyesuaian berdasarkan data yang diperoleh juga diperlukan.

Langkah ini juga termasuk di dalamnya melacak peringkat kata kunci atau keywords, lalu lintas atau traffic situs, dan konversi.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Peringkat SEO

SEO

Beberapa faktor utama yang mempengaruhi peringkat SEO situs web Anda di mesin pencarian meliputi:

1. Relevansi dan Kualitas Konten

Konten yang relevan dan berkualitas tinggi akan lebih mudah ditemukan serta dihargai oleh mesin pencari. Kenapa?

Karena kualitas konten yang dibuat juga akan turut mempengaruhi tingkat kepercayaan pengguna Google saat mencari informasi tertentu. 

Bayangkan, jika semua konten yang ada di Google tidak kredibel dan berisi informasi yang salah, tentunya hal ini akan menjadi masalah dan memberikan nilai buruk terhadap performa Google yang tidak bisa menjaga kualitas serta otoritasnya sebagai platform mesin pencarian terbesar di dunia.

Oleh karena itu, konten Anda harus relevan dan berkualitas sesuai standar SEO Google sehingga konten tersebut dapat membantu meningkatkan peringkat web bisnis Anda.

2. Otoritas dan Kepercayaan Situs

Situs dengan otoritas tinggi dan terpercaya (misalnya, memiliki banyak backlink dari situs lain) cenderung mendapatkan peringkat lebih tinggi.

3. Struktur Situs dan Pengalaman Pengguna 

Struktur situs yang baik dan pengalaman pengguna yang positif, seperti navigasi yang mudah dan desain responsif, dapat meningkatkan peringkat SEO.

4. Kecepatan Situs dan Responsivitas Mobile

Situs yang cepat dan dioptimalkan untuk para pengguna perangkat mobile memiliki kesempatan lebih besar mendapatkan peringkat lebih baik di hasil pencarian.

Mempelajari bagaimana cara kerja SEO adalah langkah penting bagi Anda – para pemilik bisnis atau pemula yang ingin belajar seputar SEO atau mungkin Anda yang ingin meningkatkan visibilitas situs web di mesin pencarian. 

Dengan mengikuti langkah-langkah dan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi peringkat SEO yang sudah kami jabarkan di atas, Anda dapat mengembangkan strategi SEO yang efektif dan berkelanjutan demi kemajuan bisnis Anda sendiri.

Jangan ragu untuk terus belajar dan mengimplementasikan SEO dalam strategi pemasaran digital Anda. Untuk bantuan lebih lanjut dari layanan ahli SEO, GetFound hadir untuk Anda.

Apa itu GetFound? Kami adalah agensi pemasaran digital yang berfokus pada optimasi mesin pencari dengan pendekatan SEO berbasis data. Klien kami sudah membuktikan peningkatan visibilitas bisnis mereka di Google, sekarang giliran Anda yang membuktikannya!

Mari tingkatkan visibilitas situs web Anda bersama GetFound hari ini!

Follow media sosial kami di InstagramLinkedIn, dan Website untuk tips SEO bermanfaat lainnya!

Subscribe Our Newsletter.
Conquer your day with daily search marketing news.

99% POSITIVE FEEDBACK

Ready to grow your business?

We’ll give you a call back within 24 hours to learn more about your company and build you a free custom plan.