Pada dasarnya, digital marketing adalah kegiatan pemasaran produk atau jasa yang menggunakan media digital seperti internet dan/atau media sosial untuk menarik konsumen atau calon konsumen dengan waktu yang lebih efisien dan jangkauan yang lebih luas.
Tetatpi, tentunya ada banyak sekali perusahaan-perusahaan yang memasarkan produk dan jasanya dengan metode digital marketing.
Umumnya, digital marketer menghadapi tantangan di mana mereka harus bisa menonjolkan iklan mereka dari sekian banyak iklan yang dibuat dan berbagai media lainnya yang cenderung memberikan pengguna stimulasi berlebihan.
Cara Kerja Digital Marketing
Kegiatan digital marketing dilakukan menggunakan metode dan media yang beragam untuk mempromosikan produk dan jasa yang ditawarkan kepada calon konsumen dan meningkatkan pangsa pasar (market share).
Baca juga: Apa Itu SEO Marketing: Strategi Pemasaran Melalui SEO
Untuk berhasil menjalankan digital marketing, tentunya dibutuhkan kombinasi keterampilan periklanan dan penjualan, sehingga para professional marketer umumnya menjalankan kegiatan-kegiatan ini secara mandiri dan internal atau menggunakan jasa perusahaan marketing.
Dengan adanya berbagai teknologi dan tren-tren baru, tentunya berbagai perusahaan harus bisa beradaptasi, terutama pada era digital saat ini.
Salah satu alat digital marketing yang paling pertama menjadi alat yang sering digunakan untuk pemasaran adalah email, dengan adanya sistem “subscription” atau berlangganan, sehingga calon pelanggan yang sudah “subscribe” atau berlangganan akan mendapatkan email update dari brand atau perusahaan tersebut, entah email broadcast atau email yang dipersonalisasi berdasarkan data pembelian atau pencarian yang dilakukan pelanggan tersebut.
Tools Digital Marketing
Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, untuk mengukur keefektifan digital marketing, para digital marketer menggunakan beberapa tools, seperti web analytics, keyword research, alat pengelolaan media sosial, yang antara lain adalah:
1. Content Management System:
Content Management System (CMS), atau sistem pengelolaan konten, adalah software yang menggunakan pendekatan sistematis dalam menciptakan, mengorganisir, mengatur, dan menyimpan aset-aset digital.
Selain itu, CMS mempermudah kontrol materi yang dipublikasikan, yang membantu pengelolaan situs agar tetap rapi dan terorganisir, up-to-date, dan relevan.
2. Web Analytics Tool:
Merupakan software yang dirancang khusus untuk melacak, mengukur, dan melaporkan kegiatan pada sebuah situs web, seperti traffic, sumber pengunjung website, dan klik yang dilakukan pengguna.
Penggunaan Web Analytics Tool membantu memantau apa saja yang terjadi pada situs web, dan apa saja yang berhasil dan tidak berhasil.
3. Keyword Research Tool:
Disebut juga alat penelitian kata kunci, membantu pencarian kata kunci apa saja yang cocok dengan kata kunci apa saja yang sering dicari oleh target audiens.
Insight yang didapatkan kemudian dapat digunakan untuk menyusun strategi konten dan strategi digital marketing yang lebih besar.
4. Social Media Management Tool:
Mendukung pengelolaan berbagai platform media sosial dan mengatur postingan, dapat juga berperan sebagai pemantau umpan sosial, mendukung interaksi dengan audiens, dan melacak insight konten, seperti “views”, “interactions”, dan sebagainya.
5. Email Marketing Tool:
Alat email marketing membantu pengaturan email, template email, mendukung kampanye email, dan pengelolaan daftar email. Email marketing tool dapat dikatakan memiliki fungsi yang mirip dengan chatbot, dimana email dapat dipersonalisasi, diatur pengirimannya, dan sebagainya.
6. Visual Content Creator Tool:
Adalah alat yang membantu pembuatan konten visual yang memiliki berbagai fitur grafik dan dapat membantu mengedit foto, seperti menambahkan grafik pada foto.
7. Social Media Monitoring Tool:
Merupakan alat yang digunakan untuk mendukung pemantauan media sosial. Contohnya, melacak kata kunci dan mengidentifikasi tren terkini.
8. Video Editing Tool:
Atau alat yang digunakan untuk mengedit video, kerap digunakan untuk mendukung pembuatan konten video.
Penting bagi perusahaan untuk terus beradaptasi dengan media digital untuk tetap berjalan. Walaupun social media marketing paling sering digunakan bisnis-bisnis saat ini, SEO juga tidak kalah penting. Karena, pada akhirnya, calon konsumen akan melakukan pencarian barang atau jasa pada mesin pencari.
Butuh layanan SEO untuk meningkatkan ranking bisnis Anda pada mesin pencari? Getfound menawarkan layanan SEO yang terbukti efektif meningkatkan traffic ke situs web berbagai bisnis, meningkatkan brand awareness, jumlah konsumen, dan pembelian produk atau jasa yang ditawarkan.
Follow media sosial kami di Instagram, LinkedIn, dan Website untuk tips SEO bermanfaat lainnya!