Digital Marketing menjadi bahan perbincangan hangat belakangan ini di dunia bisnis, bukan tanpa alasan, dengan begitu cepatnya perkembangan teknologi yang ada, hampir setiap bisnis di berbagai bidang mulai melakukan digitalisasi besar-besaran dengan berbagai alasan.
Sebagai pemiliki bisnis, Anda perlu mempelajari bidang satu ini untuk meningkatkan prospek bisnis Anda. Cari tahu penjelasan selengkapnya berikut ini!
Apa itu Marketing Channel?
Marketing Channel, atau saluran pemasaran, adalah tipe media yang digunakan untuk mengiklankan perusahaan, dan berhubungan dengan proses distribusi barang atau jasa yang ditawarkan perusahaan Anda dari awal sampai akhir.
Pemasaran sendiri merupakan bagian yang sangat penting untuk sebuah perusahaan, karena menyangkut penjualan produk dan jasa yang ditawarkan perusahaan.
Produk atau jasa yang terjual merupakan kunci dari berjalannya perusahaan tersebut yang mendatangkan omset atau pemasukan. Dengan adanya saluran pemasaran, maka kegiatan pemasaran sebuah brand akan menjadi lebih mudah, sehingga brand tersebut juga akan lebih mudah dikenal oleh jangkauan audiens yang luas.
Tipe-Tipe Marketing Channel
Secara konvensional, beberapa marketing channel antara lain adalah:
1. Direct Selling
Merupakan distribution dan marketing channel yang dilakukan secara langsung kepada pelanggan tanpa perantara. Ketika sebuah produk terjun ke pasar, maka barang tersebut akan dipasarkan dengan cara pihak penyedia menghubungi pelanggan secara langsung.
Kemudian, jika perjanjian antara penjual dan calon pembeli terjadi, maka sebuah deal transaksi akan terjadi.
2. Reseller
Marketing channel satu ini adalah sistem kerja yang mencakup pengambilan barang dari produsen, yang kemudian akan dijual dengan harga yang berbeda. Umumnya, pihak reseller akan menaikkan harga untuk mendapatkan profit untuk dirinya.
3. Konsultan
Jenis pemasaran konsultan mencakup seorang konsultan yang memberikan pendapat atau solusi untuk permasalahan pelanggan. Konsultan berperan dalam memberikan pengertian kepada pelanggan mengenai penggunaan produk tersebut atau cara kerja jasa yang ditawarkan.
Konsultan juga akan secara aktif melakukan promosi kepada pelanggan, yang juga berperan untuk menarik kesetiaan pelanggan.
Marketing Channel Baru
Seiring perkembangan zaman, maka kita kini sudah memasuki era digital. Pada era digital ini, banyak sekali perubahan yang terjadi, tidak terkecuali operasi perusahaan dan marketing channel-nya.
Berikut adalah beberapa digital marketing channel baru yang muncul dan bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis Anda:
1. Afiliasi:
Atau kerap disebut Affiliate Marketing, adalah sebuah program untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan. Digital marketing channel ini menggunakan sistem komisi dari setiap pembelian yang dilakukan.
Cara kerja affiliate marketing adalah ketika seorang affiliate membagikan link produk dan link tersebut mendapatkan sekian jumlah klik, atau ketika seseorang membeli produk tersebut dari link yang diberikan, maka affiliate tersebut akan mendapatkan komisi.
Sehingga, semakin banyak pembelian yang dilakukan melalui link affiliate tersebut, maka semakin banyak komisi yang akan diterima affiliate itu.
2. Social Media Marketing:
Merupakan penggunaan media sosial untuk fungsi pemasaran produk atau jasa. Media sosial menjadi platform untuk digital marketing channel karena memiliki jangkauan yang luas, dan merupakan cara yang efektif untuk membangun kesadaran akan produk atau jasa dari sebuah brand, serta membangun komunitas konsumen setia.
3. Email Marketing:
Digital marketing channel yang mencakup pemasaran secara langsung kepada calon konsumen yang sudah berlangganan email dengan brand/perusahaan Anda.
4. Search Engine Optimization:
Sebelumnya, Kami telah membahas pengertian dari apa itu seo, secara singkat Search Engine Optimization (SEO) adalah proses meningkatkan ranking website perusahaan pada sebuah search engine, seperti Google.
SEO memiliki hubungan yang erat dengan content marketing. Contohnya, jika usaha Anda membuat konten berkualitas yang meliputi topik-topik yang relevan secara konsisten, maka visibilitas perusahaan Anda pada pencarian akan semakin meningkat, sehingga traffic situs Anda akan meningkat.
5. Display Advertising:
Merupakan iklan digital, biasanya berbentuk gambar atau video yang dapat ditemukan dengan mudah di internet. Umumnya, display ads muncul pada halaman web di pinggir layar, entah di atas, bawah, atau samping.
Demikian adalah 5 dari berbagai digital marketing channel yang bermunculan seiring berkembangnya zaman. Meskipun banyak bisnis yang sudah mengintegrasikan promosi brand mereka dengan perangkat dan software digital, masih banyak sekali bisnis yang belum mengerti atau mengabaikan komponen SEO. Padahal, SEO juga merupakan bagian yang sangat penting dalam berjalannya kampanye digital marketing.
Meningkatnya ranking dan visibilitas via mesin pencari seperti Google atau Bing bisa dengan efisien meningkatkan traffic dan leads, yang secara tidak langsung mendorong visibilitas brand dan online presence.
Untuk saat ini, GetFound adalah digital agency pertama di Indonesia yang menawarkan SEO untuk membantu bisnis-bisnis meningkatkan ranking dan visibilitas mereka guna meningkatkan brand awareness dan kredibilitas kepada konsumen mereka via mesin pencari.
Follow media sosial kami di Instagram, LinkedIn, dan Website untuk tips SEO bermanfaat lainnya!